Kesehatan Wanita

Gejala awal kehamilan : Tanda pertama Anda mungkin hamil

Apakah Anda hamil? Bagi beberapa wanita, gejala awal kehamilan muncul dalam beberapa minggu pertama setelah pembuahan. Tetapi bahkan sebelum Anda melewatkan menstruasi , Anda dapat mencurigai – atau berharap – bahwa Anda hamil. Bagi beberapa wanita, gejala awal kehamilan dimulai pada beberapa minggu pertama setelah pembuahan . Gejala kehamilan juga dapat bervariasi dalam intensitas, frekuensi dan lamanya.Tanda-tanda dan gejala awal kehamilan berikut ini hanyalah pedoman. Banyak gejala awal kehamilan dapat muncul mirip dengan ketidaknyamanan pra-menstruasi rutin.

Berikut adalah tanda kehamilan yang mungkin Anda rasakan :

Payudara yang lunak dan bengkakPayudara Anda mungkin memberikan salah satu gejala pertama kehamilan. Sedini dua minggu setelah pembuahan, perubahan hormon dapat membuat payudara Anda terasa sakit, menggeliat atau sakit. Atau payudara Anda mungkin terasa lebih penuh dan lebih berat.

Kelelahan – Kelelahan juga menempati urutan teratas di antara gejala awal kehamilan. Selama awal kehamilan, kadar hormon progesteron melambung. Dalam dosis yang cukup tinggi, progesteron dapat membuat Anda tertidur. Pada saat yang sama, menurunkan kadar gula darah, menurunkan tekanan darah, dan meningkatkan produksi darah dapat menyatukan energi Anda selama kehamilan.

Pendarahan ringan atau kram – Kadang-kadang sedikit bercak atau pendarahan vagina adalah salah satu gejala awal kehamilan. Dikenal sebagai pendarahan implantasi, itu terjadi ketika sel telur yang dibuahi menempel pada lapisan rahim – sekitar 10 hingga 14 hari setelah pembuahan. Jenis perdarahan ini biasanya sedikit lebih awal, lebih berbintik dan warnanya lebih ringan dari periode normal dan tidak berlangsung lama. Beberapa wanita juga mengalami kram perut pada awal kehamilan. Kram ini mirip dengan kram menstruasi.

Mual dengan atau tanpa muntah – Morning sickness , yang dapat menyerang kapan saja di siang atau malam hari, adalah salah satu gejala klasik kehamilan. Bagi sebagian wanita, mual mulai terjadi sejak dua minggu setelah pembuahan. Mual tampaknya berasal setidaknya sebagian dari tingkat estrogen yang meningkat dengan cepat, yang menyebabkan perut kosong lebih lambat. Wanita hamil juga memiliki indera penciuman yang tinggi, sehingga berbagai bau – seperti makanan yang dimasak, parfum atau asap rokok – dapat menyebabkan gelombang mual pada awal kehamilan. Ada beberapa petunjuk dan tips untuk membantu memerangi efek dari mual di pagi hari .

Keengganan atau keinginan akan makanan – Ketika Anda hamil, Anda mungkin mendapati hidung Anda pada makanan tertentu, seperti kopi atau makanan yang digoreng. Mengidam makanan juga biasa terjadi . Seperti kebanyakan gejala kehamilan lainnya, preferensi makanan ini dapat dihubungkan dengan perubahan hormon – terutama pada trimester pertama, ketika perubahan hormon adalah yang paling dramatis.

Sakit kepala – Pada awal kehamilan, peningkatan sirkulasi darah yang disebabkan oleh perubahan hormon dapat memicu sakit kepala ringan yang sering.

Sembelit – Sembelit adalah gejala awal kehamilan yang umum. Peningkatan progesteron menyebabkan makanan melewati lebih lambat melalui usus, yang dapat menyebabkan sembelit.

Perubahan suasana hati – Membanjirnya hormon dalam tubuh Anda di awal kehamilan dapat membuat Anda luar biasa emosional dan menangis. Perubahan suasana hati juga biasa terjadi, terutama pada trimester pertama.

Pingsan dan pusingSaat pembuluh darah melebar dan tekanan darah turun, Anda mungkin merasa pusing atau pusing. Di awal kehamilan, pingsan juga dapat dipicu oleh gula darah rendah.

Meningkatkan suhu tubuh basalSuhu tubuh basal Anda adalah suhu oral saat Anda pertama kali bangun di pagi hari. Suhu ini sedikit meningkat segera setelah ovulasi dan tetap pada tingkat itu sampai periode berikutnya. Jika Anda telah memetakan suhu tubuh basal Anda untuk menentukan kapan Anda mengalami ovulasi, peningkatan yang terus-menerus selama lebih dari dua minggu dapat berarti bahwa Anda hamil.

Periode yang terlewatMungkin gejala awal kehamilan yang paling jelas adalah ketika Anda melewatkan menstruasi. Kemungkinan tanda kehamilan ini sering menyebabkan wanita mencari lebih banyak detail tentang gejala kehamilan lainnya.

Beberapa wanita mungkin hanya mengalami periode yang jauh lebih ringan dibandingkan dengan biasanya. Anda mungkin tidak mengalami salah satu dari tanda-tanda kehamilan yang tercantum di bawah ini sampai sekitar waktu Anda menyadari bahwa Anda telah melewatkan siklus bulanan Anda.

Hanya “Merasa” HamilGejala awal kehamilan ini mungkin menjadi alasan mengapa Anda memeriksa daftar ini sekarang. Banyak wanita percaya bahwa mereka memiliki intuisi tentang tanda-tanda kehamilan. Intuisi mereka sering terbukti benar. Mungkin Anda hanya merasa berbeda; lelah, murung, mual, pusing. Anda juga mungkin mengalami sakit maag, sembelit, atau lebih sering pergi ke toilet. Mungkin Anda merasakan sakit yang tumpul atau kaku di punggung bagian bawah , payudara Anda terasa sakit atau payudara Anda tampak terlalu sensitif, atau Anda tidak merasa seperti diri Anda yang biasanya.

 

Bagaimana Anda bisa tahu jika Anda hamil?

Sayangnya, gejala-gejala ini tidak unik untuk kehamilan. Beberapa dapat menunjukkan bahwa Anda sakit atau menstruasi Anda akan segera dimulai. Anda juga bisa hamil tanpa mengalami gejala-gejala ini. Namun, jika Anda melewatkan menstruasi atau melihat salah satu petunjuk di daftar ini, Anda mungkin ingin melakukan tes kehamilan di rumah – terutama jika Anda tidak melacak siklus menstruasi Anda atau jika itu sangat bervariasi dari satu bulan hingga selanjutnya. Jika tes kehamilan di rumah Anda positif, buat janji dengan penyedia layanan kesehatan Anda. Semakin cepat kehamilan Anda dikonfirmasi, semakin cepat Anda dapat memulai perawatan pranatal. Jika Anda khawatir tentang kemungkinan gejala awal kehamilan, Anda dapat menenangkan pikiran Anda dengan tes kehamilan . Lebih dari sekadar gejala kehamilan, ini adalah bukti ilmiah yang positif apakah Anda hamil atau tidak. Tes kehamilan bekerja paling baik jika Anda menunggu untuk mengambilnya sampai setidaknya satu atau dua hari setelah Anda melewatkan menstruasi. Bahkan jika hasil tes kehamilan negatif Anda harus mencobanya lagi beberapa hari kemudian untuk memastikan.

 

Konsultasikan kehamilan anda di Poli Kebidanan dan Kandungan RS Citra Medika Depok :

dr. Yuliana Tarulli Sp.OG :

  • Senin : 13.00-19.00 WIB
  • Selasa : 10.00-15.00 WIB
  • Rabu & Kamis : 12.00-18.00 WIB
  • Jum’at & Sabtu : 09.00-12.00 WIB

dr. Jumadi Sp.OG :

  • Senin s/d Jum’at : 08.00 & 16.00-18.00 WIB

Related Articles

Related

PAKET ISOLASI MANDIRI COVID-19

PAKET ISOLASI MANDIRI COVID-19 Melihat kasus covid-19 pada tahun 2021 ini masih menjadi pandemi bagi kita semua warga Indonesia, khususnya masyarkat  Kota Depok, Jawa Barat. Maka dengan ini RS Citra Medika Depok memberikan layanan paket isolasi mandiri covid-19. Paket...

read more